Rabu, Oktober 8

11600 Tahanan Palestina di Penjara Israel, 350 Bocah, 90 Wanita dan 41 Aleg


Gaza Departemen Urusan Tahanan Palestina mengeluarkan laporan data lengkap tentang jumlah tahanan Palestina di penjara Israel dan kondisi yang mereka alami dari para penjaga tahanan. Penjajah Israel terus melakukan penangkapan terhadap warga Palestina.

Departemen tahanan mengatakan, “Disamping membebaskan 720 tahanan Palestina dalam tiga tahap sejak bulan Oktober tahun lalu hingga Agustus lalu, penjajah Zionis Israel terus meningkapkan operasi penangkapan mencapai lebih 5200 warga Palestina, 900 di antaranya dari Jalur Gaza, 350 dari al Quds dan sisanya dari Tepi Barat. Di antara tahanan itu ada 500 lebih anak-anak berusia kurang dari 18 tahun, 35 wanita dan 41 anggota dewan. Ada puluhan di antara mereka menderita sakit dan usia lanjut.

Kepala Dinas Penerangan Departemen Tahanan mengatakan, akibat meningkatnya aksi penangkapan yang dilakukan penjajah Zionis Israel maka 28 penjara Israel penuh dengan tahanan yang jumlah mereka mencapai lebih 11600 tahanan. Kondisi mereka sangat buruk dan keras, mengalami berbagai tekanan dan penyiksaan, hak-hak mereka terus dipangkas oleh pihak tahanan, untuk mempengaruhi semangat mereka dan menghancurkan kehendaknya, menjadikan mereka hidup di penjara dalam penjara. Belakangan pihak penjajah Israel mengeluarkan keputusan represif yang bertentangan dengan hukum internasional dan melipatgandakan siksaannya, seperti merubah kunjungan dengan melalui teleconference dan larangan kunjungan.

Banyak di antara tahanan yang dijebloskan ke dalam penjara tanpa tuduhan dan pengadilan. Mereka ini yang disebut dengan tahanan administrative. Jumlah mereka mencapai lebih dari 1100 tahanan. Ada 10 anak yang mendekam di dalam penjara Israel tanpa tunduhan dan pengadilan. Tahanan yang paling muda berusia 10 bulan. Dia adalah Yusuf Alziq, anak seorang tahanan wanita Palestina Fatima Alziq. Dia adalah tahanan termuda di seluruh dunia. [adm/infopalestina]

Tidak ada komentar: