Anak Jalaluddin Haqqani, Syahid oleh Serangan AS

13.20
Seorang pejabat senior keamanan Pakistan, pada hari Jumat kemarin (19/2) mengatakan bahwa Muhammad Haqqani saudara dari pimpinan Islam Afghan Sirajuddin Haqqani syahid (insyaAllah) dalam sebuah serangan AS di wilayah utara Pakistan.

Pejabat keamanan Pakistan yang tidak mau disebutkan namanya, kepada AFP mengatakan: "Muhammad Haqqani, anak dari tokoh legendaris mujahidin Afghanistan Jalaluddin Haqqani tewas dalam sebuah serangan hari Kamis lalu, beserta dengan dua pekerja asing dan anggota suku setempat."

Sumber keamanan Pakistan tersebut menambahkan: "Muhammad Haqqani sebenarnya tidak berpartisipasi secara aktif dalam gerakan perjuangan mujahidin Afghanistan, namun tempat tinggalnya sering digunakan sebagai tempat persembunyian para mujahidin Arab."

Menurut sumber resmi Pakistan, Muhammad Haqqani, wafat ketika pesawat Drone AS menargetkan serangan terhadap aktivitas mujahidin di wilayah utara Waziristan, di sebuah benteng dari jaringan pejuang Haqqani yang berada di wilayah kesukuan Pakistan yang berada di luar kendali pasukan Pakistan.

Sumber resmi Pakistan menganggap kepemimpinan Sirajuddin Haqqani, saudara dari Muhammad Haqqani terkait dengan jaringan Taliban di Afghanistan dan al-Qaidah serta gerakan Hizbul Islam milik ayahnya, seorang pemimpin mujahidin terhadap Soviet Jalaluddin Haqqani. Di lain pihak, sebuah sumber yang dekat dengan jaringan Haqqani mengatakan bahwa serangan kemarin sebenarnya memang menargetkan keluarga Jalaluddin Haqqani. [adm/eramuslim]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »