Selasa, Februari 16

Bicara Soal Israel, Anggota Legislatif Inggris Dipecat


Jenny Tounge, anggota legislatif Inggris dipecat partainya hanya karena berkomentar soal pencurian organ tubuh manusia oleh Israel di Haiti. Ketua Partai Liberal Demokrat, Nick Clegg mengatakan, komentar Tounge tentang Israel tidak bisa diterima sehingga partai terpaksa memecat Tounge yang juga menjabat sebagai juru bicara partai.

Pemecatan dipicu oleh pernyataan Tounge pada harian Jewish Chronicle pekan kemarin. Pada harian itu ia mengatakan bahwa militer Israel selayaknya membentuk tim penyelidik untuk menindaklanjuti berita yang menyebutkan bahwa tim bantuan Israel yang dikirim untuk menolong korban bencana di Haiti mengambil organ-organ tubuh korban bencana yang tewas. Berita itu pertama kali dimuat oleh situs Palestinian Telegraph.

Namun oleh Partai Liberal Demokrat, pernyataan Tounge ditanggapi lain. Clegg mengatakan bahwa pernyataan Tounge di Jewish Chronicle "salah, tidak menyenangkan dan provokatif". Clegg juga menilai tudingan terhadap tim bantuan Israel di Haiti sebagai tuduhan yang "sangat tidak pantas."

"Saya meyakini bahwa Jenny Tounge bukan seorang rasis atau anti-Semit. Tapi saya menilai pernyataan-pernyataannya sama sekali tidak bisa diterima," ujar Clegg yang mengakui bahwa Tounge sudah minta maaf secara terbuka atas pernyataannya itu. Tapi pernyataan maaf Tounge tidak mengubah keputusan partai untuk memecatnya. [adm/eramuslim]

Tidak ada komentar: