Selasa, Februari 23

Israel, Tempat Favorit Warga Amerika


Dicaci, namun dimakan juga. Itulah kiranya gambaran yang cukup tepat bagi warga Amerika. Sudah bukan rahasia lagi, sebagian dari warga AS sangat membenci tindak-tanduk Yahudi, baik di negaranya ataupun kemudian di Negara-negara lain-lain.

Namun, ternyata, sebagian lain dari rakyat Amerika menyebutkan bahwa Israel merupakan tempat favoritnya.

Ini adalah hasil survai terbaru daru Gallup yang baru dirilis selama akhir pekan kemarin. Israel menempati peringkat kelima di antara negara-negara yang dipandang paling menguntungkan oleh Amerika, di belakang Kanada, Britania Raya, Jerman dan Jepang.

Survei ini dilakukan antara pengambilan sampel acak dari 1.025 responden. Berkenaan dengan negara-negara asing yang paling sering disebutkan dalam berita, opini publik Amerika tidak berubah secara signifikan dengan asumsi pemerintahan Obama berkuasa.

Jajak pendapat juga memperlihatkan kesenjangan generasi dan ideologis Amerika yang mempengaruhi 'pandangan mengenai kebijakan luar negeri.

Menurut Gallup, sebagian besar rakyat AS memandang Israel sebagai negara yang lebih menyenangkan, terutama oleh generasi mudanya. Tingginya minat bangsa Amerika terhadap Israel tidak lepas dari indahnya kota-kota yang dibangun di negeri rampasan itu. Ada kota yang mirip New York, Tokyo, London dan sebagainya. Dan itulah negeri hasil jajahan terhadap bangsa Palestina. [adm/eramuslim]

Tidak ada komentar: