Arab Saudi Tangkap 100 Orang Lebih Dengan Tuduhan Terlibat Al Qaeda

22.58



Riyadh – Keamanan Arab Saudi telah menangkap total 113 militan Al Qaeda dengan tuduhan akan melakukan serangan-serangan di dalam negeri itu. Keseluruhan tersangka tergabung dalam tiga kelompok jaringan Al Qaeda.

Menurut Kementerian Dalam Negeri Saudi, seperti dilansir AFP, Kamis (25/3/2010) dari tiga kelompok Al Qaeda tersebut, satu kelompok terdiri dari 101 orang dan dua sel lainnya terdiri dari masing-masing enam militan.

Mereka terdiri dari 47 warga Saudi, 51 warga Yaman, 1 warga Somalia, 1 warga Bangladesh dan 1 warga Eritrea yang tergabung dalam satu kelompok. Dua kelompok lainnya terdiri dai 11 warga Saudi dan seorang warga Yaman.

Dalam operasi yang dilancarkan pasukan Saudi, selain penangkapa tersebut, juga disita senjata-senjata, amunisi, komputer, kartu telepon pra-bayar, uang tunai dan dokumen-dokumen.

Keberadaan kelompok Al Qaeda tersebut terbongkar berkat investigasi yang dilakukan setelah tiga tersangka militan Al Qaeda, dua di antaranya berpakaian seperti wanita, mencoba masuk ke Saudi akhir Oktober lalu dengan membawa bahan peledak. Kedua orang yang berpakaian seperti wanita itu tewas dalam baku tembak di perbatasan dan orang ketiga berhasil ditangkap.

Menurut pejabat Kementerian Dalam Negeri Saudi, warga-warga asing dalam kelompok militan tersebut masuk ke Saudi dengan dalih untuk mencari kerja atau untuk mengunjungi kota-kota suci Islam di Mekkah dan Medinah. [adm/jurnalislam]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »