Senin, Maret 29

Kawan Seumur Hidup, AS Sahkan Perjanjian Militer Dengan Israel




WASHINGTON  - AS memberikan persetujuan tertulis untuk bermurah hati mendukung militer Israel, meskipun Washington diduga tidak 'sreg' dengan kegiatan permukiman Israel di wilayah Palestina yang diduduki. Dalam kesepakatan itu Amerika Serikat akan menyerahkan sekitar pesawat Hercules C-130J seharga 250 juta dolar pada militer Israel, surat kabar Israel Haaretz melaporkan pada hari Kamis.

Kemudian pada hari itu juga, Departemen Pertahanan AS mengeluarkan pengumuman resmi mengenai kesepakatan, dimana Israel akan dibiayai oleh dana bantuan luar negeri Amerika. Pesawat khusus telah disiapkan AS untuk memenuhi kebutuhan Israel, harian itu menambahkan.

Washington merupakan pemasok senjata terbesar bagi Tel Aviv dan menurut laporan telah menyuntikkan dana bantuan sebesar 2 miliar dolar dalam bentuk persenjataan ke dalam industri pertahanan Israel setiap tahunnya.

Sementara itu, kedua belah pihak kembali membuat kesepakatan yang menjamin Tel Aviv memperoleh jet tempur siluman F-35.
Laporan ini mengenai dukungan AS bagi militer Israel ini benar-benar berlawanan dengan dugaan perselisihan antara kedua belah pihak yang diakibatkan atas pengumuman Israel yang akan membangun 1.600 unit pemukiman di Yerusalem Timur (al-Quds). [adm/arrahmah]

Tidak ada komentar: