Obama Janji Menang di Afghanistan

07.25



Presiden negara agresor Amerika melakukan kunjungan dadakan ke Afghanistan. Ini merupakan kunjungan pertamanya sebagai presiden ke negara dimana puluhan ribu pasukannya dikirim ke sana tahun ini.

Barack Obama tiba di pangkalan udara dan pusat komando AS di Afghanistan Bagram, sebelah utara ibukota Kabul, Minggu pagi.

Setelah menemui komandan pasukan koalisi AS-NATO, jendral McChrystal dan dubes AS Karl Eikenberry di pangkalan tersebut, Obama langsung mengadakan pembicaraan dengan presiden boneka Afghanistan Hamid karzai.

Setelah 8 tahun peperangan di Afghanistan dengan alasan melawan terorisme yang diprakarsai oleh presiden AS sebelumnya, George Walker Bush, kekerasan masih sering terjadi di seluruh wilayah Afghanistan dan para mujahidin Taliban masih bisa bertahan dan menunjukkan kekuatannya. Obama bahkan berjanji untuk memenangkan perang ini.

Meskipun jumlah pasukan AS yang tewas di Afghanistan meningkat pada taun 2009 lalu, namun Obama telah berangsur-angsur mengirim 30.000 pasukan tambahannya untuk mengalahkan mujahidin Afghanistan.

Sementara sejauh ini, jumlah tentara AS yang tewas dalam kuartal pertama tahun 2010 meningkat 2 kali lipat dibanding tahuh lalu.

Menurut data Pentagon, 77 tentara AS sudah tewas sejauh ini tahun 2010, demikian menurut laporan Associated Press hari Sabtu kemarin.

Lebih dari 121.000 pasukan AS dan NATO saat ini ditempatkan di Afghanistan. Jumlahnya akan meningkat hingga 150.000 bulan Agustus nanti. [adm/muslimdaily]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »