Kamis, Maret 11

Sekolah Non-Muslim Pertama Bersertifikasi Halal

Daisyfield Primary School di Blackburn, Inggris menjadi sekolah non-Muslim pertama yang dengan ketat hanya memberikan makanan halal pada siswanya. Dan sekolah itu menjadi sekolah non-Muslim pertama yang mendapatkan sertifikat akreditasi makanan halal dari lembaga pemantau kehalalan makanan di Inggris, Halal Monitoring Committee.

Sebenarnya banyak sekolah-sekolah dasar di Inggris Raya yang juga memberikan makanan pada siswanya, terutama jenis makanan daging. Mereka hanya memberikan daging halal, tapi sekolah-sekolah itu hanya mendapatkan sertifikasi atas kehalalan makanan yang diberikannya pada para siswa dari Halal Food Authority.

Bedanya dengan lembaga Halal Monitoring Committee, lembaga ini lebih ketat dalam melakukan pemeriksaan makanan halal, meliputi mulai saat makanan disiapkan, proses pengemasannya sampai pendistribusiannya,

Kepala Sekolah Daisyfield Primary School, Peter Fenton yang menerima langsung penyerahan sertifikat halal dari dewan penasehat lokal, Salim Mulla. "Saya senang manajemen dapur yang kami kelola sendiri sudah diakui karena telah memenuhi standar halal dari Halal Monitoring Committee dari sisi pembelian, penyimpanan dan proses menyiapkan makanan," kata Fenton.

Sementara, Perwakilan Halal Monitoring Commitee untuk wilayah Blackburn, Maulana Hanif mengungkapkan rasa terima kasihnya pada pihak sekolah Daisyfield karena telah melakukan langkah-langkah yang penting dalam menyediakan produk makanan halal pada para siswanya. Apalagi, meski sekolah non-Muslim, hampir 95 persen siswa sekolah itu adalah Muslim.

"Kami berharap semua sekolah meniru Daisyfield, hanya memberikan produk makanan halal pada siswa-siswi Muslim karena itu menjadi bagian penting dari agama kami," ujar Hanif. [adm/eramuslim]

Tidak ada komentar: