Al-Qaeda Jazirah Arab Pindah Basis Ke Somalia

14.52



Pusat komando Al Qaida Jazirah Arab (AQAP) sebenarnya terletak di Yaman, namun setelah otoritas keamanan Yaman mengencangkan kemanan dengan rutin melakukan operasi, akhirnya AQAP memutuskan untuk memindahkan basis militernya sementara ke Somalia, lapor sumber-sumber di Yaman.

Sumber yang disebut-sebut dekat dengan AQAP tersebut mengatakan bahwa sekitar 15-20 anggota Al Qaida, termasuk amir atau pemimpin tandzim itu telah sukses meninggalkan Yaman pada pertengahan bulan Maret kemarin.

Keberangkatan mereka dimulai melewati pelabuhan Al Mukala, di ibukota propinsi Hadramaut menuju wilayah Somalia. Disebutkan, bahwa mereka meninggalkan Yaman dengan tawaran fasilitas dari pihak "asing", namun tidak diketahui jelas maksud dari pihak asing yang disebutkan, apakah maksudnya adalah Al Shabaab atau yang lain.

Sumber yang sama mengatakan jika Al Qaida memerintahkan untuk memindahkan markasnya sementara ke Somalia untuk memperbaiki jaringan mereka yang dianggap terbengkalai. Dan anggota yang tersisa di Yaman agar tidak melakukan aksi dan pertemuan dahulu hingga akhir Juni atau saat otoritas keamanan Yaman mengendorkan operasi mereka. [adm/muslimdaily]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »