Minggu, April 11

Obama Kembali Rayu Karzai




WASHINGTON  - Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah menulis surat kepada rekannya di Afghanistan, Hamid Karzai, yang berisi rayuan agar Karzai mau mendukung Washington kembali. Obama menegaskan bahwa Amerika Serikat akan tetap menjadi mitra strategis bagi Afghanistan, kantor Karzai mengatakan pada hari Sabtu (10/4).

Presiden AS juga menggambarkan pembicaraannya bersama Karzai baru-baru ini sebagai pembicaraan yang akan membuahkan hasil dan produktif (demi kelangsungan agendanya di Afghanistan, -Red.).

Menurut kantor Karzai, surat itu juga menegaskan bahwa Obama akan bertemu dengan presiden Afghanistan pada 12 Mei di Washington.

Pekan lalu, Gedung Putih telah memperkirakan kunjungan Karzai ke Washington kemungkinan besar dibatalkan, karena perangai presiden Afghanistan yang menuding tuannya, Amerika Serikat, ambil bagian dalam penipuan suara pada pemilihan Afghanistan.

Tuduhan itu sempat memicu ketegangan antara Washington dan Kabul. Bahkan Karzai sempat mengancam untuk bergabung dengan Taliban.

"Pernyataannya benar-benar mengganggu. Substansi pernyataan, sebagaimana yang telah diketahui banyak orang, jelas tidak benar," kata juru bicara Gedung Putih, Robert Gibbs, hari Senin lalu. [adm/arrahmah]

Tidak ada komentar: