Kamis, April 15

Yahudi Nodai Masjid Tepi Barat




TEPI BARAT  - Pejabat keamanan Palestina mengatakan bahwa para pemukim Israel telah menodai sebuah masjid di Tepi Barat yang didudukinya. Militer Israel membenarkan hal tersebut. Menurut mereka, sejumlah tersangka yang hingga saat ini belum diketahui identitasnya mencoret dinding, termasuk menggambar bintang Daud di dekat nama Nabi Muhammad yang ditulis dalam bahasa Ibrani.

Pejabat Palestina dan Israel mengatakan pada hari Rabu (14/4) bahwa tersangka membakar dua mobil di luar masjid di Huwara, dekat Nablus.

Brigadir Jenderal Alon Nitzan, komandan militer Israel untuk Tepi Barat, memerintahkan penyelidikan segera atas insiden ini dan mengutuk tindakan dan mengatakan bahwa mereka yang bertanggung jawab harus dibawa ke pengadilan.

Pada bulan Desember, warga Yahudi merusak masjid lain di desa Yasuf Tepi Barat, membakar Al Quran, dan mencoretkan pesan di dinding masjid dengan bahasa Ibrani.

Seorang pemuda Israel 17 tahun dari pemukiman terdekat kemudian ditahan.

Bulan lalu, bentrokan antara polisi Palestina dan Israel yang bersiaga di Yerusalem terjadi karena Israel mencegah warga Palestina yang berusia di bawah 50 tahun dari memasuki Masjid Al-Aqsa.

Bentrokan semakin alot pasca diresmikannya pembangunan kembali sinagog abad ke-17 di Kota Tua, beberapa ratus meter dari kompleks Al-Aqsa. [adm/arrahmah]

Tidak ada komentar: