Sabtu, Mei 29

Al Qaeda Yaman Umumkan Pemimpin Baru




Dubai - Televisi al Arabiya, Jum'at (28/5) menayangkan sebuah rekaman yang dirilis oleh Al Qaeda Yaman. Dalam rekaman tersebut, diangkat seorang pemimpin baru mereka, Syekh Utsman Ahmad al-Ghamdi, yakni seorang DPO asal Arab Saudi dan pernah ditahan di penjara militer AS, Guantanamo. Belum ada statemen resmi yang dikeluarkan dari mujahidin berkaitan dengan berita ini.


Klarifikasi Pemimpin Yang Syahid

Dalam rekaman tersebut juga dikonfirmasikan dan diklarifikasi kematian tiga mujahidin kelompok tersebut pada medio Desember dan Januari, saat dilakukan serangan udara di Yaman. Mereka yang syahid (kama nasbuhu) adalah Abdullah al Muhdar, pemimpin Al-Qaeda di provinsi Shabwa, Yaman, Mohammed Amir al Awlaki dan Mohammed Saleh al Karimi. Semoga Allah Swt. menerima amalan mereka semua.

Syekh Utsman Ahmad al-Ghamdi, diyakini berusia 31 tahun dan diangkat menjadi pemimpin senior Al-Qaeda pada hari Jum'at ini. Selain itu, ada sekitar 85 orang yang juga telah dijadikan DPO oleh rezim Arab Saudi 15 bulan lalu, sambung al-Arabiya.

Syekh Utsman, telah mendekam empat tahun di penjara Guantamo setelah beliau ditangkap di Afghanistan. Beliau dibebaskan pada tahun 2006, dan kini kembali menjadi pimpinan jihad Al Qaeda.

Al Qaeda di Yaman saat ini menjadi sebuah kekuatan jihad global baru yang sangat ditakuti. Salah satu alasannya adalah posisinya sangat dekat dengan negara tetangga mereka, Arab Saudi. Al Qaeda Yaman juga bertanggungjawab dalam upaya peledakan sebuah pesawat penumpang yang akan ke AS di bulan Desember. [adm/arrahmah]

Tidak ada komentar: