Senin, Mei 10

AS Resmi Tuduh Taliban Pakistan Dibalik Usaha Pemboman New York




NEW YORK - Menteri Kehakiman Amerika Eric Holder pada hari Minggu 09/05/2010 mengumumkan bahwa Amerika Serikat kini memiliki bukti bahwa gerakan Taliban Pakistan berada di balik serangan yang gagal keatas New York yang terjadi pekan lalu.

Holder mengatakan kepada jaringan televisi "ABC": "Kami telah mengumpulkan bukti yang menunjukkan bahwa gerakan Taliban Pakistan berada di balik percobaan serangan di Times Square di New York, awal bulan Mei ini.

Pihak berwenang Amerika telah menangkap Faisal Shahzad Pakistan-Amerika pada hari Senin lalu dan mendakwanya dengan tuduhan melakukan serangan itu, yang disponsori Taliban Pakistan Taliban dalam sebuah kaset video yang diposting melalui Internet.

Menteri Amerika tersebut menambahkan: "Kita tahu bahwa mereka membantunya dalam persiapan, dan mungkin mendanainya.Yakni (Faisal Shahzad) ketika itu bekerja berdasarkan arahan mereka."

Dia melanjutkan bahwa tidak ada indikasi bahwa Pemerintah Pakistan telah mengetahui bahwa terdakwa, seorang Amerika keturunan Pakistan, ketika itu merencanakan pelaksanaan percobaan serangan.

Shahzad ditangkap Senin dua hari setelah pihak berwenang menahan sebuah mobil bermuatan bom di Times Square yang padat di kota New York. [adm/voa-islam]

Tidak ada komentar: