Sabtu, Mei 22

Salah Satu Masjid Terbesar Jerman Diresmikan




BERLIN - Pada hari Jum'at lalu telah berlangsung peresmian salah satu masjid terbesar di Jerman, yaitu di lingkungan Crosberg di Berlin di mana tinggal komunitas besar Turki.

Kantor berita AFP menyebutkan bahwa masjid baru ini dapat menampung hingga seribu jamaah di dalamnya.

Kantor Berita ini mengatakan: "Masjid yang berada dibawah kubah kaca dan memiliki empat menara adzan merupakan sebagian dari bangunan yang lebih besar yang mencakup area seluas 5000 meter persegi dan terdiri dari enam lantai, dan mencakup pusat perbelanjaan, perpustakaan dan pusat komunitas"

Kantor berita AFP menambahkan bahwa biaya pembangunan masjid tersebut mencapai € 10 juta yang merupakan sumbangan pihak swasta Libanon dan Palestina.

Perlu dicatat bahwa masjid terbesar di Jerman terletak di Mannheim, bagian barat negara itu dan dapat menampung 2500 jamaah.

Peletakan batu pertama masjid terbesar di Eropa:

Sementara sebelumnya telah berlangsung peletakan batu pertama pembangunan masjid terbesar di Eropa di kota Marseille, Perancis.

Acara yang dianggap bersejarah oleh semua orang ini dihadiri oleh perwakilan pemerintah setempat dan perwakilan dari umat Islam di Perancis.

Masjid Raya Marseille yang besar dengan ruang sholat diatas tanah seluas 2.500 meter persegi akan dibangun di lokasi sebuah rumah tua untuk pemotongan hewan di utara kota tersebut diatas tanah seluas 8.600 meter persegi yang disewa oleh Asosiasi Masjid dikota itu yang bertugas membangun masjid dengan nilai sewa € 24.000 per tahun.

Biaya proyek besar ini diperkirakan mencapai 22 juta euro.

Arsitek "Maxime Robou" yang bekerja pada proyek tersebut mengatakan bahwa peletakan batu pertama hanyalah merupakan tahap awal sebelum benar-benar memulai pembangunannya "pada Februari 2011" dalam rangka "penyerahan bangunan tersebut pada bulan Januari 2012 dan dibuka untuk umum pada bulan Oktober 2012." [adm/voa-islam]

Tidak ada komentar: