Perusahaan Jasa Keamanan AS "Blackwater" Didenda 42 Juta Dolar

14.49



Xe Services, perusahaan keamanan swasta yang sebelumnya dikenal sebagai Blackwater Worldwide, telah setuju untuk membayar denda multi-juta dolar atas ratusan pelanggaran yang mereka lakukan.

Perusahaan akan membayar 42 juta dolar untuk pelanggaran yang mencakup ekspor senjata ilegal ke Afghanistan dan membuat proposal yang tidak sah untuk melatih pasukan di Sudan selatan, lapor The New York Times pada hari Jumat kemarin (20/8).

Perusahaan jasa keamanan swasta, yang sekarang dikenal sebagai Xe services, membuat kesepakatan dengan Departemen Luar Negeri AS untuk membayar denda untuk menghindari tuduhan dan tuntutan kriminal. Dengan adanya kesepakatan ini juga akan memungkinkan Xe akan tetap terus mendapatkan kontrak dari pemerintah.

Xe Services masih menghadapi masalah hukum lainnya, termasuk dakwaan erhadap lima mantan eksekutif perusahaan tersebut terkait penyalahgunaan senjata dan dakwaan obstruksi.

Dua mantan personil mereka juga telah didakwa membunuh dua warga sipil Afghanistan.

Dalam insiden yang paling terkenal, Blackwater / Xe ini telah menewaskan sedikitnya 17 warga sipil Irak di Baghdad pada tahun 2007.

Blackwater / Xe dibenci oleh rakyat Irak sewaktu mereka berada di negara itu karena mereka telah banyak membunuh banyak warga sipil tanpa alasan. [adm/eramuslim]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »