Selasa, Oktober 19

Pakistan: Bin Laden Tidak Ada Di Sini

Pihak Pakistan pada hari Senin membantah klaim yang dilaporkan oleh seorang pejabat senior NATO di Kabul bahwa Osama Bin Laden dan wakilnya Ayman Al Zawahiri bersembunyi berdekatan satu sama lain di rumah-rumah di barat laut Pakistan.

 "Saya pasti menolak kehadiran para pemimpin Al Qaeda dan bahkan pemimpin Taliban Mullah Omar dalam setiap bagian di Pakistan," kata Menteri Dalam Negeri Rehman Malik dalam jumpa pers di kota Karachi.

Malik mengatakan, pemerintah telah meyakinkan kerjasama penuh dengan masyarakat dunia dalam berbagi informasi dalam hal ini.

Sebuah laporan CNN dari Kabul mengutip pejabat NATO yang enggan disebutkan namanya yang mengatakan tidak ada di petinggi Al Qaeda tinggal di gua-gua, melainkan diyakini tinggal dalam kenyamanan yang relatif, dilindungi oleh penduduk setempat dan beberapa anggota dinas intelijen Pakistan.

Pejabat itu menyatakan daerah umum di mana Bin Laden kemungkinan telah pindah dalam rentang satu tahun terakhir dari daerah Chitral pegunungan di ujung barat laut dekat perbatasan Cina, ke Lembah Kurram yang berdekatan dengan Tora Bora Afghanistan, salah satu benteng Taliban selama invasi AS pada tahun 2001. Tora Bora juga merupakan wilayah dari mana Bin Laden diyakini telah lolos dalam serangan bom AS pada akhir 2001.

Pejabat itu juga menegaskan penilaian AS bahwa Mullah Omar, pemimpin Taliban, telah bergerak di antara kota-kota Quetta dan Karachi di Pakistan selama beberapa bulan terakhir, kata laporan CNN.

Pejabat itu tidak membahas bagaimana koalisi dapat mengetahui semua informasi ini, namun ia memiliki akses ke beberapa informasi yang paling sensitif dalam aliansi NATO, tambahnya.

Menteri dalam negeri Pakistan mengatakan laporan serupa mengenai Bin Laden dan keberadaan Mullah Omar telah terbukti palsu di masa lalu.

Malik mengatakan informasi yang bertentangan dengan hal itu harus dibagi dengan para pejabat Pakistan sehingga mereka dapat mengambil "tindakan segera". [adm/muslimdaily]

Tidak ada komentar: