Arab Saudi Tetapkan Idul Adha 16 November

07.58
Pemerintah Arab Saudi menetapkan hari raya Idul Adha jatuh pada tanggal 16 November 2010. Kantor berita Arab Saudi, SPA menyebutkan, penetapan itu dilakukan setelah otoritas berwenang di Saudi melakukan pengamatan bulan pada Sabtu (6/11) malam yang diperkuat dengan hasil perhitungan para astronom resmi di Saudi.

Dengan demikian, sekitar 1,5 juta jamaah calon haji dari seluruh dunia akan memulai ritual haji diawali dengan wukuf di Arafah pada tanggal 15 November 2010. Saat ini sebagian besar jemaah Indonesia telah berada di Mekkah untuk menunggu hari puncak haji tersebut.

Sementara itu terjadi perbedaan pendapat mengenai waktu pelaksanaan Idul Adha di Indonesia. Muhammadiyah menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Minggu (7/11) sehingga Idul Adha akan bertepatan dengan 16 November. Sedangkan pemerintah menetapkan 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Senin (8/11), sehingga Idul Adha 1431 Hijriyah jatuh pada tanggal 17 November.

Ketua MUI Umar Shihab menyatakan, pihaknya bisa memahami perbedaan hari raya seperti yang ditetapkan PP Muhammadiyah, karena itu ia mengimbau semua pihak untuk saling menghormati. "Namun MUI tetap menyesuaikan dan mentaati keputusan pemerintah," kata Umar. [adm/muslimdaily]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »