Polisi Jerman Tangkap Tersangka Pembakaran Masjid

17.55


BERLIN - Seorang pria 30 tahun ditangkap Jum'at malam di distrik Neukölln Berlin atas dugaan pembakaran, terkait serangkaian serangan terhadap beberapa masjid di Ibukota Jerman, kata jurubicara polisi.

Penyidik menangkap pria itu di stasiun U-Bahn Blaschkoallee.

Penangkapan ini mengikuti gelombang serangan pembakaran terhadap rumah-rumah ibadah Muslim di Berlin dalam beberapa bulan terakhir. Tidak ada yang terluka namun kebakaran tersebut menyebabkan kerusakan properti di setiap kasus.

Para penyerang masjid secara rutin meninggalkan pesan di TKP. Polisi tidak menggambarkan pesan itu secara detil, namum laporan mengatakan pesan-pesan itu menggunakan artikel-artikel dalam sebuah surat kabar.

Maka setelah melakukan penyelidikan yang komprehensif, jaksa kemudian memperoleh surat perintah untuk menggeledah kantor surat kabar harian Berlin BZ. Seorang jurubicara polisi mengatakan penyidik menyita bukti yang memperkuat kasus terhadap tersangka.

menurut editor pelaksana harian tersebut, Peter Huth, tersangka menghubungi BZ pada pertengahan Desember, ia meminta salinan dari salah satu artikel di koran itu. Huth mengatakan karyawannya yang menerima permintaan dari tersangka itu.

"Bagusnya, dia (karyawan surat kabar) mencatat nama dan alamat penelepon dan bisa memberitahu petugas polisi pada Jum'at sore, yang memungkinkan untuk penangkapan dalam beberapa jam," kata editor BZ.

Juru bicara polisi mengatakan pria itu ditangkap pada Jum'at karena diduga terlibat dalam empat dari tujuh serangan pembakaran terhadap masjid Berlin sejak Juni tahun lalu. Penyidik tengah memeriksa apakah tersangka mempunyai hubungan ke insiden lainnya.

Baru-baru ini, pintu masuk masjid komunitas Ahmadiyah di distrik Wilmersdorf Berlin dibakar pada dini hari tanggal 8 Januari. Masjid di distrik Neukölln dan Tempelhof juga menjadi sasaran dalam serangan serupa di tahun 2010. [adm/voa-islam]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »